Kesalahan-Kesalahan Saat Mengganti Popok Bayi


Kesalahan-Kesalahan Saat Mengganti Popok Bayi

Popok clodi merupakan salah satu jenis popok yang banyak digunakan. Peminatnya pun kian hari kian bertambah, karena memang banyaknya kelebihan dari popok kain bayi ini. Memakaikan clodi pada si kecil tentu bukan ha lasing bagi bunda. Tapi, tahukah bunda bahwa beberapa kesalahan saat mengganti atau memakaikan popok bayi ternyata masih sering dilakukan lho!

Apa sajakah kesalahan tersebut? Berikut ulasannya.

Tidak Bersiap-Siap Terlebih Dahulu

Sering kali, popok tidak berada dalam jangkauan bunda, misalnya ada di dalam lemari. Kalau begini, bunda harus meninggalnya baby untuk mengambil popok. Coba bayangkan jika saat ditinggal, si baby berguling-guling dan jatuh, bahaya sekali ‘kan?

Harus bunda ingat, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di atas kasur, apalagi jika kasur tersebut tinggi dan tanpa pengaman!

Cara Membersihkan yang Keliru

Hal penting yang harus dilakukan sebelum memakaikan popok pada bayi adalah membersihkan bagian kemaluannya. Mungkin bunda menganggap ini hal sepele. Tapi, tahukah bunda bahwa ternyata cara membersihkan ini berpengaruh pada kesehatan bayi lho.

Khusus untuk balita perempuan, bersihkan kemaluannya dari arah depan ke belakang (ke arah anus) dan jangan sebaliknya. Cara membersihkan yang salah dapat mengakibatkan bakteri masuk ke dalam anus dan berpotensi mengakibatkan infeksi saluran kemih.

Tidak Menyesuaikan Ukuran Popok

Pilihlah popok sesuai dengan berat badan si kecil. Karena si baby terus tumbuh dan berkembang, beratnya pun juga akan terus bertambah. Karena itulah, jangan membeli popok yang sama tanpa mengetahui dengan pasti berat badannya.

Memasang Popok Terlalu Kencang

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah memasang popok terlalu ketat. Mungkin bunda hanya ingin popok terpasang dengan benar dan tidak melorot. Tapi, hal ini bisa membuat bayi tidak nyaman dan bahkan bisa menimbulkan guratan pada kulit perutnya.

Jarang Mengganti Popok

Rata-rata orang Indonesia mengganti popok bayi 3 – 6 kali sehari. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini. Hanya saja jika dibandingkan dengan negara-negara lain, frekuensi ini masih dikatakan jarang lho.

Di Jepang, para ibu mengganti popok bayi mereka hingga 8 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit bayi yang strukturnya masih sangat tipis dan rentan untuk terkena infeksi ataupun ruam.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mengganti popok bayi. Bagaimana, apakah tanpa sadar bunda juga melakukan hal-hal tersebut? Yuk, segera perbaiki kebiasaan demi kenyamanan si kecil!


Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Macam Pilihan Clodi Stylish Untuk Si Kecil